RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) SINGKAT
Satuan pendidikan : SDN WEEKELO
Kelas/ semester : 4/2
Tema /topik : Peristiwa Disekitarku
Alokasi waktu : 2X35 menit
A. STANDAR
KOMPETENSI
7. Memahami teks melalui membaca
intensif, membaca nyaring dan membaca pantun
B. KOMPETENSI
DASAR
7.1.
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca
intensif.
C. INDIKATOR
7.1.1. Membaca
teks secara intensif.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
kegiatan pembelajaran ini berlangsung siswa diharapkan dapat:
-
Siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf
melalui membaca intensif.
E. MATERI
- Teks
bacaan
- Pantun
F. Kegiatan
pembelajaran
KEGIATAN
(FASE)
|
METODE
|
DESKRIPSI
KEGIATAN/INTERAKSI
|
MEDIA
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
GURU
|
SISWA
|
||||
Motivasi
|
Tanya
jawab
|
Guru
membacakan sebuah bacaan kemudian menyuruh siswa untuk menemukan kalimat utama dalam bacaan teresbut
|
Siswa
mendengarkan dan menyimak dengan baik bacaan yang dibacakan guru untuk menemukan
kalimat utamanya.
|
- Teks
bacaan koperasi sekolah
|
10 menit
|
Mengolah
Pengetahuan
|
Ceramah
|
Guru
menjelaskan kepada para siswa tentang kalimat utama,membaca intensif,membaca
nyaring dan pantun
|
Siswa
mendengarkan dan menyimak dengan baik penjelasan yang disampaikan guru
|
-
|
15 menit
|
Memastikan pengetahuan
|
- Diskusi
Kelompok
- Presentasi
|
-
Guru membagi siswa dalam kelompok dan membagikan LKK
|
- Siswa
berdiskusi dalam kelompok
|
- Lkk
- Lembar
Jawaban
|
5 menit
|
-
|
-
Siswa diminta menemukan kalimat utama
dalam setiap paragraf
|
-
Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan
kalimat utama dalam setiap paragraf yang dibagikan.
|
- Lkk
-
Lembar Jawaban
|
-
15 menit
|
|
Guru
meminta siswa untuk melaporkan hasil diskusi kelompok
|
siswa
mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
|
-
Lkk
-
Lembar Jawaban
|
-
10 menit
|
||
Guru
meminta siswa untuk membacakan pantun yang telah disediakan
|
Siswa
membacakan pantun didepan kelas
|
-
Pantun
|
-
5 menit
|
||
Memindahkan Pengetahuan
|
Ceramah
|
Guru
memberikan pemahaman kembali agar siswa lebih memahami tentang membaca
intensif,membaca nyaring, pantun.
|
Siswa
mendengarkan dan menyimak penjelasan
guru dengan baik.
|
- Pantun
|
10 menit
|
G. SUMBER
a.
Media
·
Bacaan
·
pantun
b.
Sumber Belajar : buku
BSE bahasa indonesia untuk SD/MI, BSE Bahas Indonesia Membuatku Cerdas.
H. PENILAIAN
1. Hasil
diskusi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Siswa menjawab
4 pertanyaan dengan benar
|
4
|
Siswa menjawab
3 pertanyaan dengan benar
|
3
|
||
Siswa menjawab
2 pertanyaan dengan benar
|
2
|
||
Siwa tidak
menjawab pertanyan dengan benar
|
1
|
Ø Jenis
tes
Tertulis
Ø Bentuk
tes
Þ
penilaian proses dan hasil ( kerja kelompok)
a. Penilaian
ini berlangsung ketika kegiatan KBM ini berlangsung
§ Aspek-aspek
yang dinilai
Ø Penilaian
hasil
Penilaian ini
dilakukan dengan cara memberi niai pada
hasil kerja siswa.
Kriteria penilaian hasil
|
Skor
|
Semua siswa mampu membaca bacaan dengan suara nyaring
|
4
|
3
|
|
Sebagian kecil siswa mampu membaca bacaan dengan suara nyaring
|
2
|
Semua siswa tidak mampu
membaca bacaan dengan suara nyaring
|
1
|
Ø Penilaian
sikap
Kriteria
penilaian
|
skor
|
Semua siswa
sangat aktif dalam bekerja kelompok
|
4
|
Sebagian besar
siswa aktif dalam bekerja kelompok
|
3
|
Sebagian kecil
siswa aktif dalam bekerja kelompok
|
2
|
Semua siswa
tidak aktif dalam bekerja kelompok
|
1
|
Ø Penilaian
hasil kerja ( kelompok)
Penilaian ini dilakukan dengan cara
memberi niai pada hasil kerja siswa.
No
|
Aspek
|
Kriteria
penilaian
|
Skor
|
1.
|
Kerja Sama
|
Semua anggota
kelompok saling bekerja sama dalam kelompok
|
4
|
Hanya beberapa
anggota kelompok yang bekerjasama dalam kelompok
|
3
|
||
Semua anggota
kelompok bekerja sendiri-sendiri
|
2
|
||
Kerja sama
dalam kelompok tidak ada sama sekali sehingga tugas kelompok terabaikan.
|
1
|
||
2.
|
Menerima
Pendapat
|
Menerima dengan
baik pendapat siswa lain yang berbeda
|
4
|
Menghargai
pendapat siswa lain yang berbeda
|
3
|
||
Menerima saja
pendapat siswa lain yang berbeda
|
2
|
||
Menolak
pendapat siswa lain yang berbeda
|
1
|
Mengetahui,
Kepala SDN WEEKELO
NIP.
|
Waitabula,21 maret 2017
Mahasiswi Praktek SPS
DELVIANA YATI MALO
NIM.83821401031
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar