Jumat, 16 Juni 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) SINGKAT
Satuan pendidikan    : SDN WEEKELO
Kelas/ semester          : 4/2
Tema /topik                : Peristiwa Disekitarku
Alokasi waktu            : 2X35 menit
A.    STANDAR KOMPETENSI
7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring dan membaca pantun
B.     KOMPETENSI DASAR
7.1. Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca
intensif.
C.     INDIKATOR
7.1.1.      Membaca teks secara intensif.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran ini berlangsung siswa diharapkan dapat:
-       Siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
E.     MATERI
-       Teks bacaan
-       Pantun


F.      Kegiatan pembelajaran
KEGIATAN (FASE)
METODE
DESKRIPSI KEGIATAN/INTERAKSI
MEDIA
ALOKASI WAKTU
GURU
SISWA
Motivasi
Tanya jawab
Guru membacakan sebuah bacaan kemudian menyuruh siswa untuk menemukan kalimat  utama dalam bacaan teresbut
Siswa mendengarkan dan menyimak dengan baik bacaan yang dibacakan guru untuk menemukan kalimat utamanya.
-       Teks bacaan koperasi sekolah
10 menit










Mengolah Pengetahuan
Ceramah
Guru menjelaskan kepada para siswa tentang kalimat utama,membaca intensif,membaca nyaring dan  pantun
Siswa mendengarkan dan menyimak dengan baik penjelasan yang disampaikan guru
-        

15 menit










Memastikan pengetahuan













-       Diskusi Kelompok
-       Presentasi
-       Guru membagi siswa dalam kelompok  dan membagikan LKK

-       Siswa berdiskusi dalam kelompok
-       Lkk
-       Lembar Jawaban
5 menit









-        
-       Siswa diminta menemukan kalimat utama dalam setiap paragraf

-       Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan kalimat utama dalam setiap paragraf yang dibagikan.
-       Lkk
-       Lembar Jawaban
-       15 menit


Guru meminta siswa untuk melaporkan hasil diskusi kelompok
siswa mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
-       Lkk
-       Lembar Jawaban
-       10 menit


Guru meminta siswa untuk membacakan pantun yang telah disediakan
Siswa membacakan pantun didepan kelas
-       Pantun
-       5 menit
Memindahkan Pengetahuan
Ceramah
Guru memberikan pemahaman kembali agar siswa lebih memahami tentang membaca intensif,membaca nyaring, pantun.
Siswa mendengarkan dan  menyimak penjelasan guru dengan  baik.
-       Pantun
10    menit
G.    SUMBER
a.       Media
·         Bacaan
·         pantun
b.      Sumber Belajar : buku BSE bahasa indonesia untuk SD/MI, BSE Bahas Indonesia Membuatku Cerdas.




H.    PENILAIAN
1.      Hasil diskusi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Siswa menjawab 4 pertanyaan dengan benar
4


Siswa menjawab 3 pertanyaan  dengan benar
3


Siswa menjawab 2 pertanyaan dengan benar
2


Siwa tidak menjawab pertanyan  dengan  benar
1
Ø  Jenis tes
Tertulis
Ø  Bentuk tes
Þ penilaian proses dan hasil ( kerja kelompok)
a.       Penilaian ini berlangsung ketika kegiatan KBM ini berlangsung
§  Aspek-aspek yang dinilai
Ø  Penilaian hasil
Penilaian ini dilakukan dengan cara memberi  niai pada hasil kerja siswa.

Kriteria penilaian hasil
Skor
Semua siswa mampu membaca bacaan dengan suara nyaring

4
Sebagian besar siswa mampu membaca bacaan dengan suara nyaring
3
Sebagian kecil siswa mampu membaca bacaan dengan suara nyaring
2
Semua siswa tidak  mampu membaca bacaan dengan suara nyaring
1

Ø  Penilaian sikap
Kriteria penilaian
skor
Semua siswa sangat aktif dalam bekerja kelompok
4
Sebagian besar siswa aktif dalam bekerja kelompok
3
Sebagian kecil siswa aktif dalam bekerja kelompok
2
Semua siswa tidak aktif dalam bekerja kelompok
1

Ø  Penilaian hasil  kerja ( kelompok)
Penilaian ini dilakukan dengan cara memberi  niai pada hasil kerja siswa.
No
Aspek
Kriteria penilaian
Skor
1.
Kerja Sama
Semua anggota kelompok saling bekerja sama dalam kelompok
4
Hanya beberapa anggota kelompok yang bekerjasama dalam kelompok
3
Semua anggota kelompok bekerja sendiri-sendiri
2
Kerja sama dalam kelompok tidak ada sama sekali sehingga tugas kelompok terabaikan.

1
2.
Menerima Pendapat
Menerima dengan baik pendapat siswa lain yang berbeda
4
Menghargai pendapat siswa lain yang berbeda
3
Menerima saja pendapat siswa lain yang berbeda
2
Menolak pendapat siswa lain yang berbeda
1








Mengetahui,
Kepala SDN WEEKELO


NIP.


Waitabula,21 maret 2017
Mahasiswi Praktek SPS



DELVIANA YATI MALO
NIM.83821401031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUBUNGAN ANTARA GAYA GERAK DAN FUNGSINYA

HUBUNGAN ANTARA GAYA GERAK DAN FUNGSINYA